MEMILIH SDM TEPAT dan HANDAL

Setelah Fathu Makkah atau yang biasa dikenal dengan pembebasan Kota Makkah, Rasulullah SAW memerintahkan Bilal untuk mengumandangkan adzan.

Maka Bilal-lah yang mengumandangkan adzan untuk pertama kali. Pada saat itulah kafir Qurays mulai mengejek dan mencemooh suara Bilal. Diantaranya adalah Abu Mahdzurah (Al-Jamhi Salmah bin Mu’ayyar). Dia adalah orang kafir Qurays yang suaranya paling bagus diantara mereka.

Tatkala itu Abu Mahdzurah mengeraskan suara adzannya dengan nada penuh ejekan. Rasulullah SAW mendengarnya dan memerintahkannya untuk terus mengumandangkan adzan. Kemudian Rasulullah SAWberdiri di depannya. Abu Mahdzurah mengira bahwa dia akan dibunuh. Akan tetapi, Rasulullah SAW justru mengelus kepalanya dengan kedua tangannya yang mulia.

Abu Mahdzurah mengatakan, “Kejadian itu membuat hatiku dipenuhi dengan keimanan dan keyakinan. Dan aku tahu Muhammad adalah benar-benar Rasulullah.”

Setelah itu, Rasulullah SAW mendiktekan dan mengajarkan adzan kepadanya. Kemudian memerintahkannya adzan bagi penduduk Makkah, padahal umurnya ketika itu baru enam belas tahun[1].

Seperti yang diajarkan oleh Rasulullah dalam kasus di atas bahwa, dalam suatu perkara khusus perlu dilakukan oleh orang-orang pilihan yang sesuai (The Right Man on The Right Job). Pemilihan sesorang yang tepat bukan didasarkan pada hawa nafsu, kedekatan atau faktor-faktor pribadi lainnya. Begitu juga dalam berbisnis, Bisnis yang baik adalah bisnis yang dilakukan atas dasar pengambilan keputusan yang cermat, ke-profesionalan para pelakunya, sekaligus jiwa spiritual sebagai jiwa untuk meniscayakan sukses dalam berbisnis.

“Apabila amanat disia-siakan, tunggulah kehancurannya.” Seorang sahabat bertanya, “Apa yang dimaksud menyia-nyiakan amanat ya Rasulullah?” Rasul menjawab, “Apabila diserahkan suatu pekerjaan kepada yang bukan ahlinya, maka tunggulah kehancurannya.” (HR. Bukhari)

Note:

[1] Fathu Makkah, Syuqi Abu Khalil, dikutip dari Asalib ar-Rasul fi at-Tarbiyyah, asy-Syaikh Najib Khalid al-Amir, al-Busyra al-Islamiyayah, Kuwait, cetakan pertama, hlm. 4. (Abdul Jawwad, Muhammad. 2009. Rahasia Sukses Manajemen Rasulullah. Surakarta : Ziyad Visi Media)

sumber :
http://www.pengusaharindusyariah.com/wirausaha/236-memilih-sdm-tepat-dan-handal.html

0 komentar:

Posting Komentar