Pengusaha perlu persisten !

Jenis makanan apa itu persisten? Yup, persisten bukanlah sejenis onde-onde, ataupun kue-kue yang biasa di jual di pasar tradisional. Persisten berasal dari bahasa Inggris persistence yang memiliki arti kualitas kepribadian kuat (kemauan kuat) untuk melakukan sesuatu hal atau mencapai sesuatu sampai berhasil. Nah, kalau belum juga berhasil, berarti belum lah persisten. Seseorang yang memiliki karakter persisten tidak segan untuk mencoba dan mencoba lagi, seberapa berat pun rintangan dan tantangan yang akan dihadapi kelak.

Semisal Abdurrahman Bin Auf yang merupakan sosok sahabat Rasulullah SAW yang terkenal dengan kemandiriannya dalam berbisnis atau berwira usaha. Ketika hijrah ke Madinah, Abdurrahman Bin Auf dipersaudarakan dengan Sa’ad Bin Rabi’ Al Anshori, salah seorang kaya yang pemurah di Madinah. Dimana pada saat itu, Abdurrahman pernah ditawari Sa’ad untuk memilih salah satu dari dua kebunnya yang sangat luas. Tapi Abdurrahman menolaknya, Ia hanya minta kepada Sa’ad ditunjuki lokasi pasar di Madinah. Juga ditawari seorang istri dari dua istri yang dimiliki Sa’ad dan Ia pun juga menolaknya. Sampai saat ini, kita melihat sosok Abdurrahman Bin Auf sebagai pribadi yang sukses dengan karakter bisnis atau entrepreneurship yang patut diteladani. Disamping memiliki ketajaman bisnis yang menunjukkan sisi profesionalitasnya juga akhlaq yang merupakan cermin kepribadian seorang muslim yang persisten.

Mari kita lihat Dr. Mehmet Oz, seorang dokter Muslim yang merupakan ahli bedah paling popular di dunia. Secara persisten beliau menekuni bidangnya, sehingga saat ini Dr. Oz masuk dalam jajaran 100 Tokoh Dunia paling berpengaruh versi Majalah Time.

Dan masih banyak lagi tokoh-tokoh muslim yang sukses dengan sikap persistennya.

Lalu bagaimana dengan Anda sebaga Pengusaha?

Tentu saja para pelaku usaha pun sangat perlu dalam bersikap persisten. Sikap persisten (keuletan, kegigihan, ketekunan, kegigihan) telah mengantar banyak orang meraih apa yang mereka cita-citakan di berbagai bidang. Sesuai dengan janji Allah SWT menjamin orang-orang yang berikhtiar di jalan yang benar seperti dalam ayat al-Qur’an :

Dan orang-orang yang berjihad untuk (mencari keridhaan) Kami, benar-benar akan Kami tunjukkan kepada mereka jalan-jalan Kami. Dan sesungguhnya Allah benar-benar beserta orang-orang yang berbuat baik. QS. al-’Ankabut (29) : 69

Ada Segelintir orang-orang yang memilih untuk berjuang sampai ke puncak panggung kesuksesan, tapi ada juga yang memilih untuk hidup biasa-biasa saja. Silahkan, anda mau pilih yang mana? Banyak sekali yang bisa kita perbuat untuk ummat, hidup ini singkat dan terlalu berharga untuk dibuat datar begitu saja.

sumber :
http://www.pengusaharindusyariah.com/artikel-bisnis/252-pengusaha-perlu-persisten.html

0 komentar:

Posting Komentar