5 Pertanyaan untuk sang Pemimpin

Beberapa bulan lamanya saya puasa menulis, banyak sekali waktu yang saya rasa terbuang tanpa menuangkan ide-ide di kepala. Arggghhh, rasanya meski banyak diisi oleh hal-hal yang postif, kesibukan ini malah membuat saya semakin tidak produktif. Terutama untuk menuangkan isi kepala saya ...

Suatu ketika (masih di tengah kesibukan), akhirnya saya membuka sebuah file document yang cukup membuat saya tersentak (lagi) setelah sekian lama, file tersebut hanya menjadi pajangan hardisk komputer.

Sebuah file yang berisi tentang beberapa pertanyaan dari Donald A. Laird, salah seorang psikolog. Sayangnya dulu saya tidak mengerti cara membubuhkan sumber bukunya, tapi It's Ok lah, sepertinya masih bisa dijadikan PR. Yang penting esensinya masih bisa kita renungkan. Pertanyaan-pertanyaan tersebut diantaranya ...

1. Apakah Anda mampu menegur tanpa menimbulkan kemarahan?
2. Apakah Anda mampu menolak tanpa mengecilkan arti?
3. Apakah Anda mampu tertawa bersama bila kelucuan itu menyangkut diri Anda sendiri?
4. Apakah Anda mampu memelihara semangat jika menghadapi suatu kegagalan?
5. Apakah Anda mampu tenang jika harus menghadapi situasi darurat?

selama lebih dari dua dasawarsa saya diberikan kehidupan oleh sang Khalik, ternyata saya belum mengerti ilmu ini. Dan selama beberapa bulan memeiliki tulisan ini, bahkan mungkin setahun kedepan saya sama sekali tidak menggubris tulisan ini?
Arggghhhhh ....

Mari sejenak kita merenung sambil mencoba menjawab lima buah pertanyaan yang diajukan oleh Donald A. Laird ...

Dimana pertanyaan di atas merupakan cara pengukuran yang amat sangat sederhana untuk menilai apakah seseorang berpotensi untuk menjadi pemimpin?
Atau apakah anda ingin belajar menjadi seorang pemimpin?

0 komentar:

Posting Komentar